Pengertian, jenis, fungsi, rumus dan contoh kalimat ‘adverbial clause’ dengan soal latihan

adverbial-clause

Apa kabar? Semoga kalian tetap tenang dan terus belajar bahasa inggris ya. Karena bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting untuk dipelajari.

Nah sobat IBI, untuk lebih meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita tentunya juga harus memperbaharui dan meningkatkan materi yang telah kita pelajari. Agar lebih kekinian, admin tidak memberikan materi yang kurang kekinian dan penting yaitu adverbial clauses.

Hmm Ada yang tahu apa itu adverbial clause? Mari kita simak narasi berikut.

Apa itu adverbial clause?

Memahami adverb atau kalimat adverbial

Pakar linguistik atau banayak linguistik menjelaskan definisi dan penggunaan klausa adverbial kepada kita. Definisi ini termasuk, seperti yang saya kutip di bawah ini. selamat berdiskusi..

Kalimat adverbia adalah sekelompok kata yang digunakan untuk mengubah atau mengkualifikasikan arti kata sifat, kata kerja, kalimat, kata keterangan lain, atau jenis kata atau frasa lain, dengan pengecualian penentu dan kata sifat, kata benda dimodifikasi secara langsung.

Klausa adverbial adalah sekelompok kata yang digunakan untuk mengubah atau mengkualifikasikan arti kata sifat, kata kerja, kalimat, kata keterangan selain frase atau bagian dari pidato, dengan pengecualian penentu dan kata sifat yang mengubah kata benda secara langsung.

Klausa adverbial adalah klausa bawahan yang berfungsi sebagai kata keterangan; yaitu, seluruh kalimat memodifikasi kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Seperti semua klausa, ia mengandung subjek dan predikat, meskipun subjek dan kata kerja (predikat) kadang-kadang dapat dihilangkan dan tersirat.

Klausa adverbial adalah klausa yang tidak dapat berdiri sendiri (dependency clause) yang berfungsi sebagai kata keterangan; yaitu klausa yang memodifikasi ata sebagai pengubah kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain. Klausa adverbial adalah kalimat yang sama pada umumnya yang memiliki subjek dan predikat, meskipun terkadang subjek dan kata kerja (predikat) dapat dihilangkan dan hanya tersirat.

Bagaimana dengan arti dari kalimat adverbial? Apakah kamu mengerti?

Jenis klausa adverbial

Kata keterangan derajat atau perbandingan

Derajat adverbia memberitahu kita tentang derajat atau derajat suatu tindakan (action), kualitas atau sifat. Kata keterangan derajat juga menjawab pertanyaan dari kata tanya seperti berapa banyak, seberapa sedikit atau berapa banyak? Ciri-ciri kata keterangan derajat biasanya dicirikan dengan adanya konjungsi subordinat seperti as, as … as, so … as, dan than.

Contoh.

  • Dia tidak secerdas saudara perempuannya. Dia tidak secerdas kakaknya.
  • Kata keterangan waktu dan frekuensi

Kata keterangan waktu dan frekuensi ini memberi tahu kita kapan sesuatu terjadi. Kata keterangan ini biasanya ditandai dengan adanya subkonjungsi, seperti jika, kapanpun, sebelum, sesudah, sebagai, sejak, dan ke.

  • Kami menanam benih sebelum hujan datang. Kami menabur benih sebelum hujan.
  • Kata keterangan tempat
  • Kata keterangan lokal ditunjukkan oleh konjungsi where dan where.
  • Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Dimana ada kemauan disitu ada jalan

Klausa kata keterangan cara

Klausa adverbia menjelaskan cara sesuatu dapat terjadi atau dilakukan. Sifat-sifat klausa adverbia dari konjungsi cara seperti, seolah-olah, seolah-olah, dan di.

Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Anda dapat melakukan apa yang Anda harapkan

Fungsi kalimat adverbial

Seperti part of speech lainnya, adverbial clause memiliki fungsi penting dalam sebuah kalimat. Fungsi adverbial clause adalah sebagai berikut:

Fungsi kata keterangan sebagai kata keterangan adalah sebagai berikut:

  • Kata keterangan sebagai pengubah memodifikasi kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan lainnya.
  • Jawab dan jelaskan pertanyaan mengapa, kapan, di mana, bagaimana, berapa banyak dan seberapa sering suatu tindakan terjadi.
  • Dapat memulai kalimat sebagai pertanyaan dan memberikan informasi yang lebih lengkap.

Rumus Klausa Adverbial

Anda masih ingat bahwa klausa adverbial terdiri dari klausa bawahan dan klausa bawahan. Rumus frasa adverbial berikut ini sangat sederhana dan mudah dipahami.

  • Klausa independen (S + V +/-…) * + klausa adverbial
  • Konjungsi bawahan + S + V +/- …

Terkadang kita juga menggunakan “jadi untuk” alih-alih “dengan itu untuk”.

sumber :