Contoh teks eksplanasi tentang gerhana matahari dan gerhana bulan beserta artinya

explanation-text-matahari

Apakah Anda masih ingat bahwa Anda bukan teman KBI dengan apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Tinjauan singkat, teks eksplanasi adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan terjadinya suatu peristiwa alam atau fenomena alam. Berikut ini admin akan memberikan contoh teks eksplanasi yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan. Penasaran seperti apa contohnya? Lihat ini!

Contoh teks eksplanasi tentang gerhana matahari dan gerhana bulan beserta artinya

Sahabat KBI pasti sering mendengar tentang gerhana matahari bukan? baik gerhana matahari maupun gerhana bulan. Lalu apa sebenarnya gerhana matahari itu? mengapa terjadi gerhana matahari? Berikut ini kita bahas terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan dengan teks eksplanasi bahasa Inggris.

Contoh teks eksplanasi dalam bahasa inggris

Gerhana matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Proses yang dimulai dengan bulan menutupi matahari sehingga keadaan yang terang benderang berangsur-angsur menjadi gelap. Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari pada siang hari yang terhalang oleh bulan. Akibatnya, matahari tertutup untuk beberapa saat dan tidak terlihat dari bumi. Pada posisi gerhana matahari, matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis. Akibatnya, bayangan bulan akan menghantam bumi. Karena bulan lebih kecil dari matahari, hanya satu bagian dari permukaan bumi yang terkena bayangan bulan. Atau hanya beberapa tempat yang mengalami gerhana matahari.
Gerhana matahari dibagi menjadi tiga jenis: gerhana total, gerhana sebagian, gerhana, dan cincin.
Gerhana matahari total: Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena umbra bulan. Karena bulan lebih kecil dari bumi. Maka gerhana matahari total tidak bisa berlangsung lama. Gerhana matahari total biasanya hanya berlangsung sekitar 7 menit. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri dengan gerhana matahari sebagian.
Gerhana Matahari Sebagian: Terjadinya gerhana matahari sebagian ketika permukaan bulan menutup sebagian dari permukaan matahari.
Cincin gerhana matahari: Munculnya cincin gerhana matahari saat bulan berada pada jarak terjauh dan titik terdekat di bumi dari matahari.

(Terjemahan)

Gerhana matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Prosesnya dimulai dengan bulan tertutup oleh matahari yang begitu terang sehingga keadaan berangsur-angsur menjadi gelap. Gerhana matahari terjadi ketika sinar matahari terhalang oleh bulan pada siang hari. Akibatnya, untuk beberapa waktu matahari tertutup dan tidak terlihat dari bumi. Ketika posisi gerhana matahari, matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis. Akibatnya bulan bayangan akan menabrak bumi. Karena bulan lebih kecil dari matahari, hanya beberapa tempat saja yang terkena bayangan bulan di permukaan bumi. Atau hanya beberapa tempat saja yang mengalami gerhana matahari.

  • Gerhana matahari dibagi menjadi tiga jenis: gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, gerhana matahari dan cincin.
  • Gerhana matahari total: gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan inti (umbra) bulan. Karena bulan lebih kecil dari bumi. Maka gerhana matahari total mungkin tidak berlangsung lama. Gerhana matahari total biasanya hanya berlangsung sekitar 7 menit. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri dengan gerhana matahari sebagian.
  • Gerhana matahari sebagian: gerhana matahari sebagian terjadi ketika permukaan bulan menutupi sebagian dari permukaan matahari.
  • Gerhana matahari cincin: gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada pada titik terjauh dan titik terdekat di bumi dari matahari.

Gerhana

Setelah beberapa minggu sebelumnya sempat terjadi, gerhana matahari sebagian pada tanggal 28 September 2015 terjadi peristiwa alam Gerhana Bulan. Gerhana bulan kali ini sangat unik hingga disebut sebagai gerhana bulan total super merah darah. Super Moon atau supermoon terjadi ketika pada saat bulan purnama, posisi bulan berada pada posisi yang paling dekat dengan Bumi. Sedangkan Blood Red Moon atau bulan darah terjadi ketika hanya warna merah sinar matahari yang dipantulkan oleh atmosfer bumi. Karena atmosfer Bumi, kita bisa melihat Bulan dalam berbagai warna.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

  • Gerhana bulan super total merah darah baru merupakan fenomena langka yang terjadi karena pada saat terjadinya gerhana bulan total, posisi Bulan berada pada posisi paling dekat dengan Bumi, sehingga membuatnya tampak lebih besar dan terang dari biasanya, dan pada saat yang sama hanya sinar matahari berwarna merah yang menembus untuk dipantulkan oleh atmosfer bumi. Namun sayangnya Indonesia tidak bisa menikmatinya karena kali ini hanya Gerhana Bulan yang bisa disaksikan mulai dari Pasifik Timur, Amerika, Eropa, Afrika dan Asia Barat. tempat terjadinya–Gerhana–Bulan–total-Sep-2015
    posisi Matahari–Bumi-Bulan saat-proses–terjadinya–Gerhana–Bulan
  • Gerhana Bulan dapat terjadi karena ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada posisi sejajar Bumi, menghalangi sinar matahari langsung ke Bulan sehingga permukaan Bulan tertutup bayangan Bumi.
    Gerhana Bulan dapat dibagi menjadi tiga jenis:
  • Gerhana bulan total terjadi ketika Bulan melintas tepat di area wilayah tergelap, yaitu umbra bayangan yang disebut juga dengan bayangan di inti ini, inti bayangan Bumi.
  • Gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya sebagian bulan yang melewati daerah umbra bumi.
    Gerhana bulan terjadi ketika Bulan melewati daerah penumbra penumbra, yaitu daerah yang masih terdapat bayangan cahaya, juga dikenal sebagai bayangan kabur, daerah bayangan dalam hal ini luput dari Bumi.

Tipe–Bulan-Gerhana–sebagian–penumbra-total

  • Cara Melihat Proses Terjadinya Gerhana Bulan
  • Setiap tahun diprediksi gerhana bulan bisa terjadi dua hingga lima kali. Gerhana bulan total lebih jarang terjadi. Lain halnya dengan gerhana matahari, gerhana bulan dapat dinikmati dengan mata telanjang sehingga aman untuk dilihat secara langsung dan tidak berbahaya.
  • Untuk bisa menikmati Gerhana bulan bisa dengan jelas, menggunakan teleskop atau teropong

(Terjemahan)

Setelah beberapa minggu sebelumnya terjadi gerhana matahari sebagian, pada tanggal 28 September 2015 terjadi gerhana bulan total. Gerhana bulan ini begitu unik sehingga disebut sebagai gerhana bulan super total berwarna merah darah. Super moon atau supermoon terjadi ketika bulan purnama, bulan berada pada posisi terdekatnya dengan bumi. Blood moon atau bulan darah terjadi ketika hanya warna merah sinar matahari yang dipantulkan oleh atmosfer bumi. Karena atmosfer Bumi, kita dapat melihat Bulan dalam berbagai warna.

Proses terjadinya gerhana bulan

Gerhana bulan super total merah darah baru-baru ini merupakan fenomena langka karena pada saat gerhana bulan total, posisi bulan berada pada posisi paling dekat dengan Bumi, sehingga tampak lebih besar dan terang dari biasanya, dan pada saat yang bersamaan. hanya warna merah sinar matahari yang terlihat. hingga dipantulkan oleh atmosfer bumi. Tapi sayangnya Indonesia tidak bisa

Sumber :