5 Fakta Kisah Legendaris Atlantis, Benarkah?

5 Fakta Kisah Atlantis yang Melegenda, Apakah Benar Ada?
Atlantis mungkin telah menjadi salah satu kisah legendaris yang selalu dibicarakan banyak orang di seluruh dunia. Buktinya, begitu banyak buku cerita dan film yang menjadikan kisah Atlantis sebagai subjek utama. Bahkan, ada beberapa pihak yang rela menghabiskan sumber dayanya hanya untuk menemukan tanah Atlantis yang hilang.

Lantas apa sebenarnya fakta tentang kisah Atlantis ini? Apakah dia benar-benar ada di bumi? Jika Anda penasaran, Anda bisa membaca artikel berikut ini. baca, ya!
1. Digambarkan sebagai peradaban maju

Mitos mengatakan bahwa tanah Atlantis digambarkan sebagai peradaban yang sangat maju, jauh melampaui apa yang ada saat ini. National Geographic menyebutkan di situsnya bahwa kota Atlantis digambarkan sebagai tanah modern yang indah dengan ikatan yang erat dengan para dewa.

Bahkan, dalam kisahnya disebutkan bahwa pendiri kota Atlantis adalah salah satu dewa terkuat dan pengikutnya. Cerita lain menyebutkan bahwa Atlantis didirikan oleh Poseidon, dewa laut yang sangat dihormati oleh masyarakat Yunani kuno. Tidak mengherankan jika Atlantis tumbuh menjadi negara yang sangat kuat dan pada saat itu memiliki armada angkatan laut terbesar di dunia.
2. Hancur, tenggelam dan hilang

Meski menjadi kekuatan dan peradaban yang sangat maju, Atlantis justru mengalami kehancuran yang menyebabkan mereka tenggelam ke dasar laut terdalam. Penyebab tenggelamnya Atlantis belum diketahui secara pasti. Beberapa menyebutkan akibat bencana bencana, yang lain berpikir bahwa kehancuran Atlantis terkait dengan keserakahan manusia.

Live Science menjelaskan di situsnya bahwa beberapa orang mengira kisah hilangnya Atlantis mungkin terkait dengan hilangnya benua atau pulau di zaman kuno. Nah, untuk mendukung argumen tersebut, mereka juga menghadirkan bukti kehancuran kawasan yang pernah ada di Bumi pada zaman dahulu.

Namun, apakah argumen dan bukti tersebut valid? Sayangnya, di mata ilmuwan dan sejarawan, keberadaan wilayah Bumi yang hilang belum tentu ada hubungannya dengan Atlantis. Faktanya, tidak ada bukti yang benar-benar meyakinkan apakah Atlantis benar-benar ada atau tidak.
3. Jika ya, dimana Atlantis?

Jika Anda melihat peta dunia, Anda tidak akan menemukan tanah Atlantis, bahkan tidak ada jejaknya. Selain itu, kondisi benua pada zaman dahulu tentu sangat berbeda dengan zaman modern, karena bumi telah beberapa kali mengalami pergeseran benua. Lalu dimanakah Atlantis jika dihitung berdasarkan pemetaan modern? Apakah sama sekali tidak ada jejak yang bisa kita temukan?

Seperti yang dilaporkan Majalah Discover, setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang lokasi Atlantis. Columbus, misalnya, pernah berkata bahwa Atlantis mungkin berkerabat dekat dengan Amerika. Kemudian beberapa pedagang dan penjelajah Eropa pada zaman dahulu juga mengklaim bahwa Spanyol dan sekitarnya adalah sisa-sisa Atlantis yang hilang.

Sekarang sering dianggap bahwa Atlantis bisa saja berada di Indonesia, Antartika, Amerika Selatan dan Yunani sendiri. Sayangnya, sekali lagi, tidak ada bukti dan teori valid yang bisa dijadikan dasar pemikiran ini. Padahal, kisah Atlantis lebih merupakan ruang fiksi alias karangan para filosof Yunani kuno.

Sumber :