Pahami geografi sosial

Geografi sosial merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya, yaitu orang lain dan sekelompok orang di sekitarnya. Konon, masyarakat yang memiliki kebutuhan sehari-hari, baik primer maupun sekunder, pasti akan memanfaatkan lingkungan. Sehingga dapat diartikan bahwa geografi sosial adalah ilmu geografi manusia yang paling erat kaitannya dengan teori sosial, yang berkaitan dengan keterkaitan fenomena sosial.

Geografi-sosial-definisi-ciri-elemen-konsep-contoh
Pahami geografi sosial menurut para ahli

Berikut pengertian ahli geografi sosial, yaitu:
1. Jones (1975)

Menurut Jones, geografi sosial adalah ilmu yang tugasnya mengetahui pola-pola yang muncul dari sekelompok orang yang memanfaatkan ruang, serta mengetahui proses pembentukan dan proses perubahan pola-pola tersebut.
Baca lebih lanjut: Senam ritmik

2. Buttimer (1968)

Geografi sosial adalah studi tentang pola spasial dan hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosialnya, struktur internal dan eksternal kegiatan kependudukan dan berbagai saluran komunikasinya.
3. Bintarto (1968)

Geografi sosial adalah studi tentang hubungan dan pengaruh timbal balik antara manusia dan kondisi alam untuk kemakmuran dan kesejahteraan.
4. Nursid Sumaadmadja (1981)

Menurut Nursid Sumaadmadja, geografi sosial merupakan salah satu cabang ilmu geografi manusia yang wilayah penelitiannya adalah karakteristik aspek keruangan penduduk, organisasi, organisasi kemasyarakatan, dan unsur budaya dan masyarakat.

5. Johnston dkk. (2000)

Menurut Johnston et al. Geografi sosial adalah studi tentang hubungan sosial dan struktur spasial. Dalam studi ini manusia dianggap sebagai objek penelitian (meliputi aspek kependudukan, ekonomi, politik dan sosial budaya).
Fitur geografi sosial

Ciri-ciri geografi sosial Paul Vidal De Lablace meliputi:

Kepribadian daerah merupakan hasil dari cara masyarakat memanfaatkan sumber daya alam.
Komunitas bereaksi terhadap ruang hidupnya.
Orang mengatur dan berinteraksi dengan orang lain.

Elemen geografi sosial

Unsur-unsur geografi sosial yaitu:

Orang-orang, baik dalam bentuk masyarakat atau komunitas.
Lingkungan alam, termasuk topografi, iklim, tanah dan sebagainya.
Hubungan, korelasi dan interaksi antara manusia dan alam.

Konsep geografi sosial

Dalam konsep geografi sosial terbagi menjadi tiga jenis, yaitu ruang, proses, dan pola, serta penjelasannya sebagai berikut:
Kamar pertama

Ruang angkasa adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat dimana makhluk hidup dapat hidup, baik manusia maupun hewan, tumbuhan dan organisme lainnya.

Dalam geografi sosial, ruang memiliki makna yang dalam, yaitu:

Tempat atau wadah objek atau perilaku.
Tempat dimana kegiatan bisnis dapat dilakukan
Sesuatu yang bisa diatur dan digunakan oleh dan untuk orang-orang.

Baca selengkapnya
Proses kedua

Proses adalah tindakan manusia dalam beradaptasi dan menggunakan lingkungan. Ada dua proses yaitu proses makro dan proses mikro.

Proses mikro sosial merupakan proses yang menonjolkan aktivitas individu dan kelompok orang, seperti memindahkan rumah dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan proses makro merupakan proses yang ditekankan oleh masyarakat pada umumnya, misalnya terjadinya migrasi, transmigrasi, urbanisasi, gelombang pengungsi dan sebagainya.
3. Pola

Pola adalah suatu proses yang terjadi secara berulang-ulang, dalam hal ini pola kehidupan dan penghidupan yang berbeda dari satu tempat ke tempat lain yang mencerminkan perbedaan sifat kawasan dan penghuninya sehingga menciptakan lanskap sosial yang berbeda pula. Lansekap sosial adalah sekelompok atau sekelompok orang yang tinggal di suatu daerah dan memiliki gagasan yang sama tentang lingkungannya.
Lingkup geografi sosial

Wilayah geografi sosial meliputi lingkungan ekonomi, lingkungan budaya dan lingkungan sosial. Mata pelajaran geografi sosial meliputi beberapa hal, berikut penjelasannya:
1. Ekonomi (geografi ekonomi)

Kajian ekonomi dalam geografi sosial berkaitan dengan hubungan antara sistem ekonomi manusia, negara dan aktor termasuk lingkungan biofisik.
2. Development (pembangunan geografi)

Evolusi penting untuk studi studi geografi yang berfokus pada standar hidup dan kualitas hidup manusia

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/