Definisi globalisasi
Buka baca cepat

Menurut para ahli, globalisasi adalah proses sosial yang disebabkan oleh kemajuan zaman dan dapat berdampak positif maupun negatif. Menurut bahasanya, globalisasi terdiri dari dua frase yaitu global dan sasi, global artinya global dan sasi artinya proses. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pentingnya globalisasi adalah kemajuan yang mengikuti perkembangan zaman saat ini. Faktor penyebab globalisasi umumnya berasal dari berbagai arah. Penyebab utama globalisasi, bagaimanapun, adalah perkembangan waktu yang pesat.

Globalisasi-adalah-faktor-efek-jenis-aspek-dan-contoh

Perkembangan jaman ini menuntut manusia untuk beradaptasi agar dapat bertahan hidup dalam kondisi yang semakin maju dan modern. Kita bisa merasakan pengaruh globalisasi dalam kehidupan kita sehari-hari yang disebabkan oleh penggunaan smartphone, penggunaan internet, munculnya peralatan masak yang canggih, penemuan listrik bertenaga surya, dll. Secara umum, globalisasi dapat berdampak positif dan negatif. jika dipelajari lebih detail. Pengaruh globalisasi tidak dapat kita hindari karena perkembangan zaman saat ini terus meningkat. Semakin lama jamannya, globalisasi menjadi semakin modern. Pada akhirnya, globalisasi akan terus berlanjut dan berkembang seiring dengan perkembangan saat ini.
Pahami globalisasi, menurut para ahli

Para ahli menafsirkan arti globalisasi sebagai berikut:

Thomas L Friedman

Globalisasi adalah kombinasi antara teknologi dan dimensi ideologis. Dimensi ideologis sendiri adalah pasar bebas dan kapitalisme, sedangkan dimensi teknologi adalah pemanfaatan informasi dan teknologi yang menghubungkan dunia.
Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah jaringan di tingkat global yang mempersatukan komunitas dunia dalam sebuah koneksi yang saling membutuhkan.

Malcom Waters

Globalisasi merupakan proses sosial yang mengarah pada anggapan bahwa batasan geografis kurang penting dalam urusan sosial dan budaya.
Achmad Suparman

Globalisasi adalah proses menjadikan tingkah laku dan objek menjadi ciri-ciri khusus dari seorang individu tanpa dibatasi oleh geografi dan wilayah.

Martin Albrown

Globalisasi adalah proses menghubungkan orang-orang di seluruh dunia menjadi komunitas dunia tunggal.
Karakteristik globalisasi
Menurut Hamijoyo (Mimbar, 1990) ciri-ciri globalisasi adalah:

Didukung dengan kecepatan informasi, teknologi canggih, transportasi dan komunikasi yang diperkuat dengan ketertiban dan manajemen yang kuat.
Telah melewati batas geopolitik tradisional. Batasan-batasan ini sekarang harus dihadapkan pada kekuatan teknologi, ekonomi dan sosial-politik dan menyatukan tatanan-tatanan yang sebelumnya sulit untuk direkonsiliasi.
Ada ketergantungan timbal balik antar negara.
Pendidikan adalah bagian dari globalisasi.

Menurut Emil Salim (Mimbar, 1989) ada empat kekuatan yang menjadikan dunia transparan yaitu meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sektor ekonomi yang mengarah pada perdagangan bebas, lingkungan dan politik.

Menurut Tilaar, ciri era globalisasi adalah era masyarakat terbuka. Keterbukaan tersebut menyangkut bidang ekonomi yang ditandai dengan adanya pasar bebas, dan bidang politik yang bercirikan perkembangan nilai-nilai demokrasi. Masyarakat demokratis adalah masyarakat yang menghormati hak asasi manusia dan menjunjung tinggi hak dan kewajiban.
Selengkapnya: Memahami Wudu

Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah bahwa ciri-ciri globalisasi bercirikan:

Kecanggihan teknologi / era digital khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, peristiwa, kegiatan dan / atau keputusan oleh individu / komunitas di seluruh dunia sangat mudah diakses dan dikomunikasikan atau disebarluaskan kepada komunitas dunia.
Kekuatan teknologi, ekonomi dan sosial politik yang dapat menembus / melintasi batas geopolitik.
Menyebarkan ide, berinovasi dan menemukan hal-hal baru melalui pendidikan.
Usia persaingan dalam hal layanan dan produk.
Perusahaan yang aktif, kreatif dan selalu up-to-date.
Era perdagangan bebas.
Tuntutan transparansi, demokratisasi, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.
Bisnis semakin berkembang pesat.

Faktor penyebab globalisasi

Globalisasi yang muncul bukanlah kebetulan. Faktor-faktor penyebab globalisasi dapat dibedakan menjadi dua

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/