iPad Pro dengan layar OLED hybrid dijadwalkan rilis pada 2024

iPad Pro dengan layar OLED
Teknologi Hybrid OLED dikatakan mampu menghasilkan panel yang jauh lebih tipis dari OLED biasa.

iPad Pro dengan layar OLED hybrid dijadwalkan rilis pada 2024
Gambar: Apple Insider

Beberapa bulan yang lalu, Apple mengumumkan rencananya untuk mengirimkan iPad Pro pertama dengan layar OLED pada tahun 2024. Pada saat itu, perusahaan menyatakan bahwa iPad Pro akan datang dengan layar yang lebih tipis dan lebih ramping.

Sebuah laporan yang saat ini beredar kini telah berhasil mengungkap detail mengenai layar yang akan disematkan pada iPad Pro. Informasi terbaru ini menyebutkan bahwa pada tahun 2024 Apple akan menghadirkan layar berteknologi hybrid pada tablet premiumnya.

Berdasarkan laporan DigiTimes yang dikutip oleh Apple Insider (13/10), Apple kemungkinan akan mengadopsi teknologi layar OLED hybrid untuk iPad Pro 2024. Dengan keputusan ini, perusahaan mampu menghadirkan tablet yang jauh lebih tipis dengan biaya produksi yang lebih rendah.

Teknologi Hybrid OLED sendiri diimplementasikan dengan menggabungkan substrat kaca bersama dengan proses enkapsulasi film tipis. Teknik ini diklaim mampu menghasilkan panel OLED yang jauh lebih tipis dari panel OLED biasa. Proses manufaktur hibrida OLED sekarang juga lebih murah daripada pengembangan panel OLED fleksibel.

Selain itu, panel OLED hybrid ini juga dapat disematkan oleh Apple untuk model iPhone yang dapat dilipat. Perusahaan mengatakan bahwa teknologi layar hybrid ini diharapkan dapat mengatasi masalah efek kusut yang biasa terjadi pada perangkat yang dapat dilipat. Untuk mengembangkan layar OLED hybrid ini, Apple bekerja sama dengan perusahaan manufaktur Samsung dan LG.

Di sisi lain, rumor tersebut juga mengisyaratkan adanya pemasok baru untuk seri iPad Pro dan MacBook Pro. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino dilaporkan telah menambahkan produsen Surface Mounting Technology (SMT) Taiwan untuk memasok layar mini-LED untuk kedua lini produk perangkat.

Apple diperkirakan akan terus menggunakan layar mini-LED hingga teknologi OLED hybrid matang dan siap untuk komersialisasi. Oleh karena itu, tablet iPad Pro yang dilengkapi dengan layar OLED hybrid akan segera hadir pada tahun 2024.

Sumber :