Hacker Bjorka kembali mengguncang komunitas. Pasalnya, ia berhasil membocorkan sederet surat rahasia dari Badan Intelijen Negara (BIN) kepada Presiden Jokowi.

5 Kebocoran Data Akibat Ulah Bjorka, Termasuk Kejutan Ulang Tahun ke Menteri Kominfo

Peretas Bjorka berhasil meretas situs web rahasia lembaga dan pejabat pemerintah. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah daftar data yang dibocorkan dari Bjorka.
Baca juga

5-Kebocoran-Data-Akibat-Ulah-Bjorka,-Termasuk-Kejutan-Ulang-Tahun-ke-Menteri-Kominfo

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Android, Ini Langkah-Langkah Yang Perlu Anda Ketahui
Efek perang, reaktor nuklir Ukraina dalam bahaya, PBB juga khawatir
Call of Duty Warzone Mobile akan segera rilis, ini dia beberapa faktanya yang bikin kamu penasaran

1. Berbagi Data Pelanggan Indihome

Bjorka dikatakan telah mencuri sekitar 26 juta browser history dari pelanggan Indihome.

Data tersebut mencakup informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi seperti kata sandi, email, jenis kelamin, nomor identifikasi populasi.

Namun, Telekom tidak menyimpan e-mail dan history browser, sehingga data tersebut dikatakan tidak valid. Telekom menggunakan ID pengguna.

2. Data dari 1,3 miliar nomor SIM

Pertama, peretas Bjorka meretas data 1,3 miliar pengguna SIM. Keabsahan data ini telah dikonfirmasi oleh Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber di Vaccincom. Hacker mengklaim bahwa data ini berasal dari Kominfo.

3. 150 juta data penduduk oleh KPU

Bjorka Hacker menjual 150 juta catatan penduduk Indonesia dengan harga Rp 74 juta. Bjorka mengklaim data tersebut berasal dari database Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Didukung oleh GliaStudio

Data ini akan didistribusikan pada 6 September 2022. Data tersebut meliputi NIK, nomor KK, nama lengkap, tanggal lahir, umur, alamat, status stabil, dll.

4. Surat Rahasia dari Intelijen Negara kepada Presiden

Bjorka pernah mengaku berhasil membobol data, antara lain transaksi surat dari 2019 hingga 2021 dan dokumen yang dikirim ke Presiden.

Ddata diketahui 189 MB dikompresi menjadi 40 MB dengan 679.180 baris. Bjorka juga memberikan contoh dokumen. Isinya meliputi judul surat, nomor surat, pengirim, penerima, tanggal surat, dll.

5. Data Johnny G. Platte

Peretas memberikan tangkapan layar lembar data Johnny G. Plate. Dia menulis: “Selamat Ulang Tahun”. “Selamat ulang tahun Johnny, Johnny, ya ayah,” tawa Bjorka.

Kebocoran data diri berupa nomor handphone, nama, jenis kelamin, NIK, KK, alamat, pendidikan, agama, golongan darah, nama orang tua, kartu vaksinasi, dll.

Ini adalah daftar tanggal yang dibocorkan oleh Bjorka.

Baca Juga :

https://pdamlebak.co.id