Pahami manajemen agribisnis
Buka baca cepat

Manajemen agribisnis adalah segalanya di bidang pertanian, mulai dari industri gula hingga pertanian dan industri hilir hingga distribusi produk.

Menurut Soekartawi (1993) pengertian agribisnis juga ada. Menurut para ahli, menurutnya agribisnis berasal dari istilah agri dan bisnis.

Memahami-manajemen-agribisnis-sistem-fungsi-aspek-contoh

Agri berasal dari bahasa Inggris, pertanian.

Singkatnya, pertanian dan ekonomi adalah perusahaan perdagangan dalam dunia bisnis.

Manajemen agribisnis menerapkan ilmu manajemen dengan menerapkan fungsi perencanaan, penyusunan, pemantauan dan pengendalian serta menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan menghasilkan produk pertanian yang menguntungkan. Ini adalah kegiatan industri (agribisnis).

Di bidang bisnis pemahaman tentang manajemen agribisnis sangat luas dan telah dijelaskan oleh beberapa ahli. Secara konseptual, manajemen agribisnis mencakup semua aktivitas mulai dari pengadaan hingga penjualan dan pemasaran hasil pertanian dan produk terkait.

Agribisnis juga membutuhkan manajemen untuk membuat rencana agribisnis

yang terstruktur dan tertata dengan baik.

Dengan memahami manajemen agribisnis, seseorang dapat memahami bahwa perencanaan sangat penting untuk usaha pertanian mengingat ketidakpastian dan resiko kerugian.
Pahami sistem agribisnis

Dari sudut pandang konseptual, memahami sistem agribisnis adalah segalanya mulai dari mencari dan mendistribusikan peralatan manufaktur hingga memasarkan produk pertanian dan produk pertanian terkait.
Baca Lainnya: 41 Definisi Demokrasi Menurut Para Ahli dalam Buku Mereka

Pengertian lain dari sistem agribisnis adalah konsep yang sesuai dengan keseluruhan agribisnis dan kegiatan integratif dan memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan dan menjawab berbagai masalah dan tantangan.
Pengertian manajemen agribisnis menurut para ahli

Kata agribisnis merupakan modifikasi dari bahasa Inggris agribisnis. Agri artinya pertanian dan bisnis berarti usaha atau kegiatan untuk mencari keuntungan.

Beberapa ahli menjelaskan pentingnya agribisnis, diantaranya:

1. Menurut Austin

Agribisnis adalah unit usaha yang meliputi berbagai kegiatan seperti kegiatan pertanian, pengolahan pangan, sarana usaha, produksi pertanian, pengangkutan, perdagangan, stabilitas pangan, dan distribusi pangan dan serat lainnya kepada konsumen.
2. Menurut Wibowo (1994)

Agribisnis adalah segalanya mulai dari mencari, menerapkan, mendistribusikan hingga memasarkan produk yang dapat dibuat dalam pertanian berjejaring dan pertanian industri.

Dengan kata lain, agribisnis dapat dipandang sebagai suatu sistem pertanian dengan beberapa komponen subsistem: produksi bahan baku, pengolahan produk, dan pemasaran produk.
3. Menurut Sjarkowi dan Sufri (2004)

Agribisnis adalah usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, termasuk input pertanian dan / atau sarana produksi itu sendiri serta pengelolaan hasil pertanian. Dengan kata lain, agribisnis adalah prospek ekonomi sebuah perusahaan grosir.
4. Menurut Soekartawi (1993)

Agribisnis adalah bidang usaha yang mencakup satu atau seluruh rantai produksi, pengolahan dan pemasaran produk yang sebagian besar terkait dengan pertanian.
5. Setelah Drillon

Agribisnis adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan dan penjualan alat produksi pertanian, kegiatan pertanian dan penyimpanan, pengolahan dan pendistribusian hasil pertanian dan produk lain yang terbuat dari hasil pertanian.
6. Menurut Cramer dan Jensen

Agribisnis adalah kegiatan yang meliputi agribisnis, pemasaran hasil pertanian dan olahan hasil pertanian, produksi pangan, dan distribusi tekstil kepada pengguna dan konsumen.
7. Menurut Downey dan Erickson (1987) dalam saragih (1998)

Agribisnis sebagian besar terkait dengan penanganan produk pertanian dan terdiri dari satu atau seluruh rantai produksi, pemrosesan dan input (agribisnis), pemasaran input pertanian, dan aktivitas pendukung kelembagaan. .
8. Menurut Sohardjo (1997)

Agribisnis merupakan suatu sistem industri pertanian yang terdiri dari berbagai sub sistem yang saling berhubungan. Sistem akan berfungsi dengan baik meskipun salah satu subsistem dalam keadaan sehat.
9. Menurut Hadi (1992)

Agribisnis adalah rangkaian kegiatan

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/