12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

mengatasi-laptop-lemot

Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara mudah asalkan Anda mengetahui penyebab utama yang membuat kinerja laptop Anda menurun.

Tak hanya PC, laptop juga tak lepas dari berbagai masalah. Salah satunya adalah laptop yang lemot setelah lama digunakan.

Bahkan beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami laptop baru yang lemot padahal baru saja membelinya beberapa waktu lalu, geng.

Nah, kali ini Jaka akan mengulas penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu praktikkan dengan mudah. Dengar, ayo!

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Sebelum mulai menangani laptop lemot, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari laptop lemot.

Ada beberapa faktor penyebab laptop lemot saat berselancar di internet atau bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas apapun.

  • Terlalu banyak program startup alias software yang berjalan di background secara otomatis saat Anda menyalakan laptop. Semakin banyak software, semakin lambat laptop saat booting.
  • Hard drive terlalu tua. Semakin tua jenis HDD tentunya juga akan mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan.
  • Hard disk penuh dengan data pengguna. Bahkan seorang ahli mengatakan hard disk yang penuh hingga 95% akan memperlambat laptop hingga 50%.
  • Kapasitas RAM-nya terlalu kecil, karena kebanyakan laptop terjangkau menggunakan RAM 2-4GB.
  • Menjalankan terlalu banyak software sekaligus membebani kinerja RAM. Apalagi jika software multitasking berat seperti Photoshop dan Premiere misalnya pada RAM 4GB.
  • Terlalu banyak add-ons di browser, seperti Internet Download Manager, AdBlocker, dan lain-lain. Tanpa disadari, browser menjadi terbebani dan memperlambat laptop saat berselancar di internet.
  • Terlalu banyak tab yang terbuka di browser. Karena hal ini ternyata cukup menguras RAM laptop, apalagi jika situs yang kamu buka memiliki fitur auto-refresh.
  • Laptop terserang virus yang dapat memperlambat bahkan merusak laptop. Jadi Anda harus mewaspadai berbagai file mencurigakan, baik online maupun offline.
  • Antivirus terlalu aktif. Walaupun software ini ampuh untuk menghilangkan virus, namun aplikasi antivirus yang berjalan di latar belakang tentu akan memperlambat kinerja hardisk dan juga laptop.
  • Jarang melakukan update sistem operasi, baik pengguna Windows maupun MacOS. Karena tidak jarang update OS memperbaiki kekurangan yang menyebabkan laptop menjadi lemot.

Cara Memperbaiki Laptop Lambat untuk Windows 7, 8, 10

Sudah tahu tentang kenapa laptop lemot? Jika demikian, Anda dapat mulai mengatasinya dengan cara yang paling sesuai dengan akar masalahnya.

Cara mengatasi laptop lemot di bawah ini umumnya akan sangat bermanfaat bagi pengguna OS Windows, seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Bahkan mungkin tanpa aplikasi atau instal ulang, Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara agar laptop tidak lemot, yang Jaka akan ulas selengkapnya di bawah ini!

1. Mengganti Hard Drive (HDD) dengan SSD

Jika ternyata masalahnya berasal dari hard disk (HDD), langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan proses defrag untuk menyegarkan kembali kinerjanya.

Jika cara mengatasi laptop Windows 10 lemot dan lain-lain ini masih belum efektif, Anda bisa mengganti ke HDD terbaru atau menggunakan Solid State Drive (SSD).

Perbedaan HDD dan SSD selain performa, tentunya akan membuat proses booting lebih cepat dan responsif.

Sangat disarankan untuk menggunakan SSD hanya untuk memuat sistem operasi, karena ukurannya saat ini relatif kecil dan harganya juga cukup mahal dibandingkan HDD.

2. Meningkatkan Kapasitas RAM

Sumber foto: laptopmag.com (Cara termudah agar laptop Anda tidak lemot adalah dengan membeli dan menambahkan RAM.)

Selain upgrade HDD, kamu juga bisa mencoba cara mengatasi laptop lemot di windows 10 dan lainnya dengan cara menambah kapasitas RAM di laptop kamu.

Umumnya produsen laptop akan membekali laptop Anda dengan kapasitas RAM mulai dari 2-4GB. Padahal, untuk menjalankan software tersebut saat ini membutuhkan laptop dengan RAM 8GB, geng.

Untuk itu, Anda bisa menambahkan RAM pada slot yang tersedia. Tapi sebelumnya pastikan dulu jenis RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas, dan kecepatannya, ya!

3. Lakukan Perawatan Hardware Secara Rutin

Sangat banyak orang yang terkadang melupakan hal penting ini. Ternyata agar performa laptop bisa terus melaju, Anda perlu sesekali melakukan perawatan hardware.

Selain membersihkan sampah laptop, setidaknya kamu juga harus melakukan cara untuk mengatasinya

Sumber :