Cara Mudah Ganti Kampas Rem Cakram Mobil Tanpa Harus Ke Bengkel

Cara Mudah Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil

1. Dongkrak mobil sampai roda terangkat

Cara pertama mengganti bantalan rem cakram mobil adalah dengan mendongkrak mobil hingga roda terangkat. Cara mendongkrak mobil yang paling penting adalah alasnya, pastikan selalu memilih alas pada rangka atau sasis mobil, hal ini karena alasnya terhubung dengan bodi sehingga dapat mengangkat sebagian berat mobil Anda.
Viral : Mitsubishi Delica, Mobil Mewah dengan Kabin Luas

Karena kita akan melepas roda, sebelum mengangkat mobil, kendorkan dulu roda depan mobil. Hal ini agar saat melepas roda lebih mudah tanpa kesulitan.
2. Lepaskan roda

Setelah anda melakukan cara pertama, maka cara selanjutnya untuk mengganti kampas rem cakram mobil kedua, anda hanya perlu melepas baut-baut roda yang sebelumnya kendor. Setelah semua baut dilepas, Anda bisa menarik roda dan sistem rem cakram pada roda depan mobil Anda akan terlihat jelas.
3. Buka baut kaliper atas dan bawah

Langkah selanjutnya, gunakan kunci ring 14 atau 12 untuk membuka baut pengencang kaliper rem. Pastikan saat membuka baut ini Anda harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan banyaknya kejadian baut caliper yang putus dan selip.
4. Lepaskan kaliper rem

Setelah 2 baut kaliper rem dilepas, cara mengganti kampas rem cakram mobil selanjutnya adalah melepas kaliper rem. Jika Anda kesulitan melepasnya karena agak keras, Anda bisa menarik calipe ini dari sisi atas dan bawah secara bergantian.
5. Lepaskan kampas rem

Setelah kaliper dilepas silahkan pasang kaliper pada bagian suspensi mobil, hal ini dikarenakan masih ada selang hidrolik yang tersambung sehingga kaliper tidak dapat dipindahkan jauh dari area tersebut. Setelah itu barulah anda mulai melepas kampas rem dengan bantuan tangan anda, selanjutnya anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi kampas rem sebelum menggantinya.
6. Pasang kampas rem

Setelah Anda melepas bantalan rem lama dan dalam kondisi habis, Anda dapat memasang bantalan rem baru. Biasanya antara kampas rem bagian dalam dan luar memiliki perbedaan. Biasanya lapisan dalam memiliki pelat seng yang mengarah ke pelat. Plat ini biasa disebut dengan brake wear indicator yang akan memberitahu jika kondisi kampas rem sudah aus.
7. Masukkan piston ke dalam caliper

Cara mengganti kampas rem cakram mobil selanjutnya adalah dengan memasukkan piston ke dalam kaliper. Kita perlu menyesuaikan celah piston dengan kampas rem yang baru, pada sistem rem cakram celah rem diatur secara otomatis sehingga ketika kampas rem mobil Anda tipis, piston di kaliper akan lebih menonjol.
Viral: Referensi Harga Mobil Audi Baru dan Kedua

Jika Anda memasangkan caliper ini dengan kanvas yang lebih tebal, caliper tidak akan muat. Hal ini karena terhalang oleh piston yang menonjol, solusinya Anda perlu mendorong piston kembali ke caliper agar permukaannya rata. Caranya dengan menggunakan alat pengepres kaliper rem. Jika Anda tidak memiliki alat ini di rumah, Anda dapat menggunakan tuas seperti stang dongkrak atau kunci ring berukuran besar 14-17. Caranya, pertama Anda memasang dua kampas rem bekas pada piston lalu menggunakan dua batang untuk mengungkit kampas rem dengan kuat, hal ini akan membuat kondisi piston terdorong ke dalam kaliper.
8. Pasang caliper dan kencangkan baut caliper

Jika piston pada caliper sudah disetel, maka langkah selanjutnya adalah langsung memasang caliper e disc dengan posisi seperti semula. Jangan lupa juga pasang 2 baut kaliper dan kencangkan (jangan terlalu kencang karena bisa merusak baut).

Setelah piston di caliper sudah disetel, segera pasang caliper ke piringan dengan posisi seperti semula. Pasang juga baut kaliper dan kencangkan dengan momen torsi yang wajar (jangan berlebihan karena dapat merusak baut).
9. Pasang ban dan turunkan dongkrak

Cara terakhir untuk mengganti bantalan rem cakram mobil adalah dengan memasang roda, baut roda dan menurunkan dongkrak. Jangan lupa juga untuk mengecek volume minyak rem, biasanya karena piston ditekan saat pemasangan kampas rem maka minyak rem akan naik bahkan bisa meluap. Setelah semua proses dianggap sempurna, maka sebelum anda mengendarai mobil kesayangan anda, tekan terlebih dahulu rem mobil beberapa kali, hal ini dikarenakan celah rem cakram akan disetel/diatur secara otomatis dan rem akan kembali ke posisi semula.

Sumber :