Siapa yang tidak kenal dengan pantai primadona warga Jakarta. Pantai Ancol adalah kawasan wisata bahari paling terkenal di ibu kota Jakarta.

Pantai Ancol: biaya masuk, jam buka, lokasi

Tempat wisata ini merupakan destinasi liburan terpopuler untuk kategori wisata bahari. Fasilitas dan wahana di tempat wisata ini sangat lengkap.

Pantai-Ancol-biaya-masuk-jam-buka-lokasi

Pantai ini juga sering menjadi venue utama event-event besar nasional maupun internasional.
Ancol.Pantai Sekilas

Pantai Ancol merupakan bagian dari kawasan wisata terpadu di Jakarta Utara. Dengan fasilitas dermaga yang besar, tempat ini juga menjadi salah satu “gerbang” utama menuju pulau-pulau kecil di kawasan wisata Kepulauan Seribu.

Lalu bagaimana sejarah pantai ini?

Pemerintah Daerah DKI Jakarta merupakan pelaksana utama pembangunan pesisir ini. Tujuannya agar Jakarta menjadi tempat wisata terpadu dengan akses mudah, murah dan fasilitas lengkap.

Mengingat kota Jakarta merupakan kota dengan masyarakat yang sangat sibuk karena pekerjaan.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta kemudian berinisiatif membuat tempat rekreasi yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jakarta.

Proses pengembangan kawasan wisata terpadu ini telah berlangsung selama beberapa tahun sejak tahun 1954. Proses pembangunan selesai pada tahun 1968. Sejak itu, pemerintah daerah mulai mengembangkan dan mempromosikan tempat-tempat wisata dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung.

Game drive juga tersedia untuk menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar Jakarta.

Pantai ini termasuk dalam daftar pantai dengan garis pantai yang cukup panjang. Garis pantainya sendiri mencapai 6,5 km.

Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Pantai Bende misalnya terkenal dengan sunsetnya yang menakjubkan seperti Sunset di Pantai Elyora.

Kemudian Pantai Laguna Ancol, tujuan wisata paling populer di Jakarta bagi para pemain ski air. Lalu ada Pantai Indah Ancol dengan pasir putihnya yang cocok untuk berjemur.
Tiket Masuk Pantai Ancol

Pantai Ancol Jakarta

Pengunjung yang ingin memasuki kawasan wisata pantai di Ancol harus mendatangi loket pembelian tiket masuk. Standnya sendiri berada di dekat Gerbang Ancol.

Berikut daftar update tiket dan biaya parkir kendaraan untuk Anda:
Pembalasan Tarif
Tiket masuk Rp 25.000.00 per orang
Tiket Tahunan Ancol Rp 1.000.000,00
Parkir motor Rp 15.000.00
Parkir Rp 25.000.00
Parkir Bus Rp 45.000,00

Biaya tiket dan biaya parkir di atas dapat meningkat sesuai kebijakan manajemen. Harga tiket dan tarif parkir biasanya juga dinaikkan pada hari libur dan akhir pekan.
Atraksi Pantai Ancol

Wisata Pantai Ancol

Antusiasme wisatawan untuk berlibur di kawasan pantai ini sangat tinggi. Apalagi saat musim liburan tiba. Jumlah pengunjung meningkat 2-3 kali lipat.

Hal ini tentu saja sangat wajar karena kawasan ini penuh dengan atraksi. Anda yang belum pernah ke sini pasti sangat penasaran.

Apakah menurut Anda ada atraksi di pantai ini? Berikut informasinya:
Naik kereta Sato-Sato

Ada wahana di sini berupa kereta api yang disebut Kereta Sato-Sato. Kehadiran wahana tersebut tentunya menambah daya tarik bagi wisatawan. Anda yang pernah berlibur ke Cibulan pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis wisata kereta api yang satu ini.

Kereta mini ini merupakan moda transportasi khusus bagi wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai objek wisata di Ancol. Rute kereta api melewati beberapa destinasi wisata, seperti:

dunia Fantasi
Samudra Mimpi Samudra
Aliansi Ecopark

Desain kendaraan angkutan massal ini juga sangat menarik hingga terlihat seperti kendaraan rekreasi.

Dengan menempuh jarak 3,6 km, kendaraan ini menempuh perjalanan dari Gerbang Timur Ancol menuju Pantai Bende. Dari sini, jalur selanjutnya mengarah ke Ocean Dream Beach dan kemudian berhenti di Fantasy World.

Perjalanan ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 18.00. WIB. Kereta ini dapat mengangkut 400 penumpang dalam satu arah.
bermain pasir dan berenang

Selama liburan pantai Anda, permainan pasir, permainan air dan berenang adalah hal wajib bagi Anda. Ada area perairan dangkal yang biasanya menjadi spot favorit anak-anak.

Pelampung warna-warni bisa dilihat di area ini. Ada juga pengunjung dewasa yang menemani anak-anaknya berenang.
Jalan-jalan dan ambil foto di boardwalk

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di pinggir pantai terdapat promenade yang mengelilingi area pantai.

Zona pedestrian dengan lebar 8 meter ini kerap juga menjadi spot foto Instagramable dengan backlighting yang memukau.
Foto di berbagai photoshop

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Sewa Mobil Di Jogja 24 Jam