Definisi brosur

pengertian-pamflet

Brosur ini merupakan media periklanan dimana suatu produk tertentu dapat dipasarkan kepada masyarakat. Brosur juga dikenal sebagai risalah, sebaran, selebaran. Spread ini adalah artikel, yang boleh atau tidak boleh disertai dengan gambar, tanpa sampul atau penjilidan, yang kemudian dicetak pada selembar kertas di satu sisi atau di kedua sisinya, kemudian dilipat atau dipotong menjadi dua, juga bisa a Jadilah sepertiga atau bahkan seperempat sehingga terlihat lebih kecil.

Brosur fitur

Ciri-ciri brosur tersebut diuraikan di bawah ini, antara lain:

  • Biasanya menawarkan produk atau jasa
  • Gunakan bahasa yang pendek, ringkas, dan jelas, serta mudah dipahami oleh pembaca.
  • Bahasa persuasif adalah tentang memiliki artikel dalam brosur yang bertujuan untuk membuat pembaca
  • melakukan hal-hal seperti apa yang ada di brosur, seperti membeli produk yang ditawarkan di brosur.
  • Informasi yang terdapat pada brosur ini biasanya merupakan informasi aktual atau juga berhubungan dengan hal-hal baru (terkini).
  • Isi gambar dan brosurnya jelas agar pembaca lebih mudah memahami arti dari isi brosur.
  • Informasi yang dikirimkan adalah informasi yang diperbarui.

Tujuan brosur

  • Misalnya pendidikan atau pelajaran bagi pembaca, seperti B. Brosur tentang pendidikan, serta mempromosikan sekolah yang baik
  • Untuk mengiklankan produk misalnya brosur iklan yang tentunya ditujukan untuk memasarkan produk suatu perusahaan.
  • Untuk menarik semua orang yang terpesona dengan konten poster.

Keuntungan brosur

Di bawah ini adalah manfaat brosur, termasuk yang berikut ini:

  • Mengundang dengan cara yang menarik atau positif.
  • Memberikan informasi seperti pengolahan sampah, penghijauan lingkungan.
  • Berikan rekomendasi tentang pentingnya mencuci tangan sebelum makan.
  • Misalnya, mengingat ibarat membuang sampah pada tempatnya.
  • Cantumkan informasi tentang dampaknya, seperti: B. Pengaruh sampah.

Jenis selebaran

Di bawah ini adalah beberapa jenis brosur, diantaranya sebagai berikut:

Brosur politik

Leaflet politik ini merupakan jenis leaflet yang memuat suatu kegiatan atau kegiatan politik misalnya dalam kampanye yang bertujuan mengajak pembaca untuk memilih calon di partai politik seperti Presiden, DPR, pimpinan daerah, kepala desa. dan seterusnya .

Brosur perdagangan

Brosur niaga ini adalah salah satu jenis brosur yang diproduksi sebagai materi komersial. Di dalamnya terdapat produk-produk yang kemudian ditawarkan dan biasanya disertai iming-iming seperti diskon besar-besaran atau bonus menarik lainnya agar pembeli tetap tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan dalam brosur tersebut.

Brosur pendidikan

Brosur pendidikan ini merupakan jenis brosur yang kemudian dibuat untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan atau tentang pendidikan, seperti seminar pendidikan, kemudian juga lomba pendidikan dimana siswa atau guru dapat atau dapat berpartisipasi, dan lain-lain.

Selebaran aktivitas

Brosur kegiatan ini merupakan jenis brosur yang kemudian dibuat untuk menyampaikan informasi tentang suatu kegiatan atau kegiatan yang ditujukan kepada pembaca agar siap mengikuti suatu kegiatan atau kegiatan. Contoh dari kegiatan ini adalah kegiatan atau kegiatan keagamaan atau kegiatan seminar lainnya.

Bagaimana cara membuat brosur?

Berikut adalah beberapa cara berbeda untuk membuat brosur, termasuk yang berikut:

  • Identifikasi topik atau topik yang kemudian akan digunakan sebagai topik, mis. B.Kesehatan lingkungan,
  • kebersihan, imunisasi, PHBS, dll.
  • Kumpulkan artikel tentang topik dan atur juga.
  • Pilih skema warna yang cocok untuk selebaran Anda
  • Atur layout dan juga komposisi dengan ukuran yang benar.
  • Gambarkan pesan dalam gambar, buat sketsa dan letakkan juga tulisannya.
  • Ilustrasi harus terkait erat dengan tajuk utama dan diintegrasikan ke dalam kinerja keseluruhan.
  • Sebuah slogan mencolok telah ditambahkan.
  • Lakukan dengan warna kontras agar ajab mudah dibaca. Kombinasi warna yang tidak bertabrakan adalah
  • sebagai berikut: hitam-kuning; biru tua-merah; biru tua-biru muda merah-kuning ..
  • Hindari embel-embel yang tidak perlu
  • Gambar sederhana
  • Perhatikan juga spasi, bentuk dan ukuran huruf
  • Uji / uji poster pada teman apakah poster tersebut dapat memenuhi tujuannya atau tidak.

Ukuran selebaran

Dengan biaya cetak yang relatif murah dapat dicetak dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Namun ada beberapa ukuran yang sering dijadikan acuan untuk menghemat nantinya saat menggunting kertas standar sehingga membuat brosur ini lebih murah untuk diproduksi.

  • A3 (297 x 420 mm)
  • A4 (210 x 297 mm)
  • A5 (148 x 210 mm)
  • A6 (105 x 148 mm)

Berikut ini adalah contoh jenis lipatan brosur yang direkomendasikan, yang biasa digunakan untuk menyampaikan pesan dan efektif.

  • Selebaran lipat tengah
  • Selebaran gulung lipat
  • Selebaran lipat zigzag
  • Flyer Lipat Gerbang

Kekuatan dan kelemahan brosur

Kelebihan dan kekurangan brosur ini adalah sebagai berikut:

Keunggulan brosur

Di bawah ini adalah manfaat brosur, termasuk yang berikut ini:

  • Proses pembuatannya sangat sederhana
  • Waktu yang dibutuhkan untuk membuat brosur sangat singkat.
  • Biaya yang diperlukan juga tergolong sangat murah
  • Cakupan brosur ini sangat luas.
  • Sangat mudah untuk membuat banyak orang berpartisipasi.
  • Bisa atau bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.
  • Ada berbagai macam brosur yang bisa digunakan.

Kelemahan brosur

Di bawah ini adalah kelemahan brosur tersebut, diantaranya sebagai berikut:

  • Akurasi dan akurasi diperlukan saat melakukan desain brosur. Ini karena desain brosur yang buruk bisa atau bisa berakibat fatal bagi citra produk atau perusahaan.
  • Perbedaan antara brosur dan selebaran
    Keduanya merupakan dua alat periklanan media yang telah atau paling banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan.

Hal ini biasanya menyebabkan konsumen sering bingung dengan informasi yang terdapat pada brosur dan leaflet tersebut. Meskipun brosur dan leaflet pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama, namun tetap terdapat perbedaan di antara keduanya. Berikut penjelasannya sebagai berikut:

brosur
Brosur ini merupakan salah satu jenis materi promosi yang telah digunakan secara luas oleh sejumlah perusahaan.

Karena brosur merupakan media periklanan yang dapat atau dapat menjelaskan informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan secara jelas dan detail.

Yang mungkin sering kita temui ketika kita berprestasi baik di pasaran maupun di pasaran, ada sejumlah orang yang mendistribusikan brosur kertas yang isinya adalah barang / atau jasa yang nantinya akan dipasarkan atau juga untuk dikomunikasikan kepada banyak orang. orang-orang.

Kemudian selain memiliki fungsi yang sama, booklet dan booklet juga memiliki ukuran yang sama. Ini adalah ukuran A4 / folio, tetapi pada umumnya brosur biasanya mudah dilipat atau dijilid.

brosur
Buklet ini adalah selembar kertas yang dibuat / dibentuk dengan cara dilipat yaitu di sekeliling tepinya, tidak ada sampul, dan tidak bisa atau tidak bisa dijilid.

Dimana pada umumnya brosur tersebut banyak digunakan sebagai media untuk memberikan edukasi atau untuk menghibur penerimanya.

Selain itu, brosur ini juga memiliki desain yang menarik dan cakupan yang sangat luas, menjadikan brosur ini sebagai sarana promosi yang sangat cocok ketika digunakan atau digunakan untuk mempromosikan suatu produk.

Fungsi selebaran

Literatur brosur ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai mesin ekonomi dan sarana penyebarluasan informasi secara cepat dan luas, khususnya kepada pelanggan. Selain itu, brosur Omo juga menjadi alat penting untuk protes politik dan kampanye dengan alasan yang sama. Buklet tersebut mungkin atau mungkin merupakan bukti fisik dari sejarah kehidupan manusia yang mampu memperkenalkan atau bahkan menandai perubahan zaman dalam pergerakan suatu bangsa. Ini bisa atau bisa dilihat di koleksi Perpustakaan Tamiment Universitas New York, kemudian juga di Perpustakaan Umum New York, serta di koleksi Jo Labadie Universitas Michigan tentang sejarah politik Amerika.

Dalam perkembangannya, brosur memuat berbagai macam informasi, mulai dari informasi peralatan dapur hingga obat-obatan, serta publikasi hasil penelitian ilmiah. Bentuk brosur itu sendiri semakin beragam. Brosur di zaman modern juga dianggap sebagai karya seni dan harus dikumpulkan. Kompetisi brosur telah diadakan atau diadakan sebagai sarana ekspresi dan kreasi di berbagai negara. Dalam dunia periklanan brosur ini merupakan salah satu sarana promosi produk, kemudian pelayanan, event yang efektif, sederhana dan murah sehingga masih digunakan sampai sekarang.

Sumber :