7 Rekomendasi Musik Ini Bisa Tingkatkan Konsentrasi Belajarmu!

7 Rekomendasi Musik Ini Bisa Tingkatkan Konsentrasi
Siapa di antara kamu yang sering sangat sulit berkonsentrasi saat belajar? Memang, ketika kita melakukan sesuatu, kita membutuhkan situasi yang tenang untuk menyelesaikannya. Apalagi saat belajar, konsentrasi bisa dengan mudah buyar dan pikiran bahkan mengembara kemana-mana. Buat kamu yang mengalaminya, kamu bisa menggunakan rekomendasi musik berikut ini untuk membantu lebih berkonsentrasi saat belajar!

Telah terbukti bahwa musik atau nada tertentu memiliki efek positif pada keadaan psikologis dan mental seseorang. Tak hanya itu, musik juga berperan dalam perkembangan kinerja otak untuk meningkatkan daya konsentrasi seperti yang diteliti dalam studi The Mozart Effect. Penelitian ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik Mozart dapat meningkatkan kinerja mental otak yang dikenal sebagai penalaran spasial-temporal. Lebih lanjut, penelitian ini juga membuktikan bahwa terjadi peningkatan konsentrasi seseorang ketika melakukan sesuatu.

Baca Juga: Manfaat Musik untuk Anak: Nilai di Sekolah Meningkat Lebih dari 20%

Sekadar informasi, mendengarkan musik sambil belajar juga memiliki sisi positif lainnya, lho! Yuk, simak berikut ini.

Musik santai dan santai dapat menghilangkan stres atau kecemasan saat belajar.
Musik yang Anda dengarkan saat belajar dapat membantu Anda fokus pada tugas dan meningkatkan motivasi serta suasana hati Anda.
Mendengarkan musik juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika harus belajar dalam sesi yang panjang.
Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa musik dapat membantu Anda menghafal dan menciptakan suasana hati yang positif, yang secara tidak langsung akan meningkatkan pembentukan memori.

Rekomendasi Musik untuk Belajar

Untuk membantu Anda belajar, ada beberapa musik dari berbagai genre yang bisa Anda dengarkan di bawah ini.

1. Wolfgang Amadeus Mozart: ‘Symphony No. 40 in G Minor’

Musik klasik Mozart tentu tidak boleh dilewatkan. Apalagi musik ini sering digunakan sebagai terapi psikologis. Symphony No. 40 dalam G Minor dapat membantu proses kerja pada fungsi pendengaran dan motorik untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam segala aktivitas, termasuk belajar.

2. Ludwig van Beethoven: Emperor Concerto untuk Piano, No. 5

Ludwig van Beethoven adalah musisi dunia dengan karya musik yang luar biasa. Salah satu karyanya berjudul Emperor Concerto for Piano, No. 5 bisa kamu dengarkan sambil belajar untuk meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Inilah Sejarah Musik Dunia dan Perkembangannya Dari Masa Ke Masa!

3. Sebastian Bach: Konser Brandenburg

Sebastian Bach adalah seorang komposer dan musisi Jerman yang bernama lengkap Johann Sebastian Bach. Ia sangat disegani di dunia musik karena karyanya selalu mengagumkan.

Semua karya musiknya, termasuk Brandenburg Concertos diketahui menciptakan perubahan frekuensi elektromagnetik otak dalam hitungan 7,5 putaran setiap detik. Ini menunjukkan proses yang disebut Mode Alpha, yang menunjukkan peningkatan daya konsentrasi saat belajar. Oleh karena itu, belajar sambil mendengarkan musik ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi.

4. Soundtrack film Harry Potter

Buat kamu yang suka film fantasi Harry Potter, kamu bisa mendengarkan soundtrack film sambil belajar. Melodinya yang unik dan naik turun akan membuat Anda lebih fokus dalam belajar. Apalagi soundtrack film Harry Potter tidak memiliki lirik dan hanya musik.

5. Album ‘Folklore’ – Taylor Swift

Berbeda dengan lagu-lagu di album-album sebelumnya, lagu-lagu di album ‘Folklore’ Taylor Swift sangat lembut dan menenangkan. Dengarkan secara acak untuk meningkatkan mood Anda saat belajar. Anda juga akan lebih fokus saat mengerjakan tugas.

6. Lo-Fi Hiphop Chill Beats

Pernahkah Anda mendengarkan musik Lo-Fi? Musik ini merupakan musik instrumental yang dipadukan dengan suara nyata seperti kicau burung, denting sendok, hingga rintik hujan. Ada banyak sekali musik Lo-Fi yang bisa kamu dengarkan melalui platform YouTube sambil belajar

Musik Lo-Fi telah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi Anda saat belajar. Ketika kita mendengarkannya, kita akan seolah-olah berada dalam situasi tertentu. Tidak hanya terdiri dari not-not musik, Lo-Fi juga memiliki sentuhan suara yang nyata seperti rintik hujan, suara cangkir yang diaduk, hingga kicauan burung. Melalui YouTube, Anda dapat mencari playlist musik Lo-Fi yang sesuai dengan tema kegiatan, seperti belajar, bekerja, dan lain-lain.

7. Soundtrack Animasi Studio Ghibli

Jika Anda penggemar animasi Jepang, Anda pasti tidak asing dengan karya Studio Ghibli. Animasi berjudul Spirited Away, Totoro no Tonari, dan Princess Mononoke memiliki soundtrack yang menenangkan dan cocok untuk dijadikan teman saat belajar.

Sumber :