social-media-marketing

 

Main media sosial sambil branding diri, dong! Eh, memangnya itu cukup? Ya enggak. Memang, secara statistik pengguna sosial media itu banyak. Rasanya hampir setiap individu memiliki sosial media minimal satu di dalam hidupnya.

Angka tersebut rupanya menarik minat para digital marketer untuk melakukan pemasaran digital. Tapi, sepertinya promosi bisnis via media sosial enggak seefektif itu. Apalagi kalau hanya melakukan cara-cara biasa seperti: buat akun, lengkapi profil, dan isi dengan postingan menarik. Terlalu standar!

Ada beberapa cara melakukan social media marketing dengan baik dan benar. Caranya? Cek list berikut ini:

Tentukan Hanya Satu Media Sosial Utama

Memiliki banyak akun di banyak platform sosmed memang tidak salah. Tetapi memfokuskan diri terhadap 1 akun jauh lebih baik. Kenapa? Mengelola lebih dari 1 akun akan melelahkan. Rasa lelah ini membuat orang menjadi tidak konsisten dalam membuat konten atau bahkan memposting.

Lagipula, algoritma dan pengguna setiap sosial media berbeda-beda. Sehingga dibutuhkan pendekatan yang berbeda pula. Memangnya bisa melakukan 4 pendekatan berbeda dalam satu waktu?

Tetapkan Konsep Dalam Konten Media Sosial

Setelah menetapkan satu media sosial, hal selanjutnya adalah dengan menetapkan konsep konten yang akan diposting. Apakah konsep santai atau serius? Pilih salah satu yang paling mencerminkan bisnis yang akan dipromosikan dalam sosial media.

Buat Rencana Strategi Konten

Setelah menetapkan konsep, yang harus dilakukan selanjutnya tentu saja membuat konten sosmed untuk sosial media marketing yang dikelola. Nah, konten yang akan diunggah harus memiliki 3 hal ini:

  • Kualitas
  • Waktu posting
  • Frekuensi

Pastikan konten yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan frekuensi uploadnya stabil. Selain itu, lakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan waktu posting yang baik. Karena memposting pada waktu yang salah juga akan membuat konten bagus terasa sia-sia.

Ketiga cara di atas adalah langkah awal dalam melakukan social media marketing. Selain itu, ketiga cara di atas juga bisa dilakukan untuk branding diri. Yang paling penting dari semua itu adalah konsistensi dalam membuat konten.

Itulah beberapa cara bermain sosial media yang benar. Sosial media dapat menjadi sumber penghasilan jika dimanfaatkan dengan benar. Semoga bermanfaat.

 

Sumber :